close
Layanan PublikPendidikan

Ditemukan tiga SKTM bodong di Pemalang

ilustrasi ppdb online
ilustrasi

Pemalang, Wartadesa. – Setidaknya ditemukan surat keterangan tidak mampu (SKTM) bodong alias abal-abal yang digunakan untuk mendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Negeri 3 Pemalang. Ketiga calon pendaftar tersebut, setelah dilakukan survey di lapangan, ternyata kondisinya mampu.

“Setelah dilakukan verifikasi langsung kelapangan, kami metemukan ada tiga siswa yang kondisinya tidak masuk dalam kategori miskin,” ujar Kepala SMA Negeri 3 Pemalang, Cahyono, kemarin.

Menurut Cahyono, untuk melakukan verifikasi langsung ke rumah calon pendaftar di sekolahnya, pihaknya menerjunkan 30 petugas sekaligus. “Kami menerjunkan 30 petugas, dan dalam waktu dua hari, 168 calon peserta didik yang mendaftar menggunakan SKTM kita datangi,” lanjutnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, saat ini mereka sudah mecoret 500-an pendaftar SMA yang diduga menggunakan SKTM abal-abal. Angka tersebut akan terus bertambah dengan laporan dari sekolah lainnya di Jateng.

Dari total pendaftar SMA Negeri di Jawa Tengah sebanyak 113.092, sebanyak 26.600 anak diterima pendaftarannya dengan SKTM dari total 62 ribu pendaftar berSKTM.  (WD)

Tags : sktm