close
EkonomiHukum & Kriminal

Empat toko modern berjejaring di Pekalongan hari ini ditutup Satpol PP

toko modern ditutup
Petugas Satpol PP didampingi oleh TNI/Polri menutup toko modern berjejaring di Bojong

Bojong, Wartadesa. – Ultimatum Pemkab Pekalongan melalui Satpol PP bulan lalu terkait akan menutup toko modern berjejaring yang menyalahi aturan, hari ini Rabu (05/12) dilakukan. Petugas Satpol PP didampingi oleh TNI-Polri menutup empat toko modern berjejaring.

Warta Desa saat ini berada di Bojong untuk menyiarkan langsung penutupan toko modern tersebut. Lihat video siaran langsung Warta Desa di https://www.facebook.com/wartadidesa/videos/509702576099950/

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pekalongan, Edy Widiyanto mengatakan mengungkapkan penutupan empat toko modern berjejaring tersebut setelah melewati proses panjang.  Mulai dari beberapa kali teguran terhadap pengusaha toko modern yang menyalahi peraturan daerah tersebut.

Edy menambahkan bahwa ada 11 toko modern berjejaring yang menyalahi ijin di Kota Santri, namun baru empat yang hari ini dilakukan penutupan.  “Sesuai Perda, toko modern berjejaring jaraknya harus lebih 1.000 meter dari pasar tradisional. Sedangkan toko modern biasa jarak minimal 500 meter dari pasar,”  ujarnya.

Tujuh toko modern yang tak berizin itu, kini masih dalam proses mengajukan izin dengan menurunkan grade-nya menjadi toko modern biasa. Sebab, jaraknya kurang dari 1.000 meter. Sedangkan empat toko modern lainnya, berjarak kurang dari 500 meter dari pasar tradisional.

Edy mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memberikan waktu lama untuk menutup mandiri toko modern yang melanggar aturan, namun sampai jatuh tempo, mereka tidak melakukan penutupan mandiri. Akhirnya diambil tindakan dengan penutupan paksa.

“Sebelumnya pendekatan dengan mengundang management sudah kita lakukan. Kita juga merapatkan hal ini dengan Tim Penegak Perda, yang terdiri dari Kejaksaan, Polres, Satpol PP, Pengadilan Negeri, Dinas Perizinan, dan Bagian Hukum Setda. Hasilnya adalah penutupan untuk empat toko modern berjejaring dan pemberian batas waktu satu bulan untuk tujuh toko modern berjejaring lainnya untuk mengurus proses izin menjadi toko modern biasa,” punkas Edy. (WD)

Tags : toko modern ditutup