close
Sosial Budaya

Harga cabai merah keriting turun

cabe keriting
  • Sejak dua hari lalu

Kajen, Wartadesa. – Cabai merah keriting di Pasar Induk Kajen mengalamai penurunah harga sejak dua hari lalu. Meski satu minggu sebelumnya selalu fluktuatif. Demikian disampaikan oleh Edi Purnomo, Senin (13/2)

Harga cabai merah keriting di Pasar Induk Kajen satu bulan ini mencapai Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000, ujar Edi Purnomo, pedagang sayur di pasar kebanggaan wong Pekalongan ini.

“Harga cabe merah kriting sekarang Rp. 20.000-25.000/kg, tadinya 40.000, mulai turun sekitar dua hari yang lalu.” Tutur Edi, yang membuka lapaknya di los sayur dan buah ini.

Penurunan harga cabai keriting ini membuat banyak pembeli berpindah untuk memborong cabai merah keriting, mengingat harga cabai  setan (cabai rawit merah) masih bertengger pada harga ratusan ribu.

Edi menambahkan bahwa dia mendatangkan cabai dari daerah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara. “harga untuk pembeli yang akan dijual lagi (pedagang sayur kecil_red) dengan konsumen biasa, tentu berbeda. Jika stoknya melimpah kadang pedagang menurunkan harga, daripada busuk,” ujarnya.

Suryani (46), salah seorang pembeli dari Bojong mengaku beralih ke cabai merah keriting untuk mengurangi pengeluaran, dengan menggantikan cabai setan dengan cabai keriting merah, “Syukurlah, harga cabai merah keriting turun, saya mengurangi pembelian cabai setan dan menggantikan dengan cabai merah keriting untuk masak, meski tidak bisa seluruhnya diganti, karena pembeli akan protes kalau tidak ada cabai setan,” ujar wanita yang berjualan nasi ‘sego megono’ ini. ***(Onik)

 

Tags : cabaicabai merah keritingcabe