close
Sosial Budaya

Jam malam Pemalang berlaku malam ini

jam malam
Ilustrasi penerapan jam malam di Surabaya. Foto: Detik

Pemalang, Wartadesa. – Pemkab Pemalang resmi memberlakukan jam malam mulai hari ini, Rabu 27 Mei 2020,  pukul 21.00 WIB   sampai 04.00 WIB pagi. Kebijakan ini ditempuh untuk mencegah penularan covid-19.

“Aturan ini diterapkan untuk mengikuti instruksi pemerintah pusat dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 dan menindaklajuti status tanggap darurat skala Provinsi Jawa Tengah,” ujar Junaedi, Bupati Pemalang.

Jam malam ini akan diberlakukan hingga dua pekan mendatang. “Jam malam berlaku selama 14 hari. Jika situasi dan kondisi terkait pandemi corona di Pemalang dirasa aman, maka akan dicabut. Namun sebaliknya, jika terus meningkat akan diperpanjang. Untuk itu saya minta masyarakat tetap mematuhinya,” lanjut bupati.

Menurut Junaedi, mulai nanti malam,  warga dilarang melakukan aktifitas di luar rumah mulai pukul 21.00 sampai 04.00 WIB. Tak hanya mengatur warga, aturan ini juga mengharuskan pelaku usaha, baik itu warung, rumah makan, tempat hiburan, tempat olah raga atau usaha lainnya, untuk menutup usahanya pada jam malam yang sudah ditetapan.

Bagi warga maupun pelaku usaha yang melanggar aturan jam malam, lanjut Junaedi, akan diberikan sanksi tegas. “Jika dilakukan teguran lisan tidak diindahkan, maka untuk pelaku usaha akan dicabut izin usahanya,” tegasnya.

Untuk memastikan aturan jam malam berhasil di Pemalang, sejumlah Organisai Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Kesbangpol, BPBD, Camat, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan serta unsur TNI-Polri, akan intens menggelar operasi. “Sosialisasi, imbauan, patroli rutin, inspeksi, pemeriksaan serta penertiban harus tetap mengedepankan cara-cara persuasif dan edukatif,” tandas Junaedi. (Eva Abdullah)

Terkait

 

Ijin usaha akan dicabut jika pengusaha langgar jam malam di Pemalang

 

Tags : jam malampemalang