close
Jalan-jalanLayanan Publik

kerap terjadi kecelakaan, jalan rabat beton Bawang-Dieng dipasang rambu

jalan bawang-dieng

Batang, Wartadesa. –  Sembilan kecelakaan terjadi di ruas jalan baru rabat beton Bawan-Dieng terjadi semenjak ruas jalan tersebut dibuka. Dinas Perhubungan Kabupaten Batang mencatat tiga mobil dan tujuh motor mengalami kecelakaan saat melintas ruas jalan yang menanjak terjal tersebut.

“Dua orang meninggal dalam sembilan kecelakaan itu,” tutur Murdiono, Kepala Dishub Batang, Senin (22/06).

Ruas jalan Bawang-Dieng viral di media sosial lantaran keindahan panorama alam di sisi kiri-kanan jalan tersebut. Jalan yang sedianya diperuntukkan untuk akses perekonomian warga menjadi ramai dilewati para wisatawan.

“Kondisi jalan saat ini memang tidak dimungkinan untuk jalan wisata, karena kelaikan jalan belum diperhitungkan dari segi keamananya,” jelas Murdiono.

Murdiono menambahkan, jika selama satu tahun terjadi 15 korban meninggal akibat kecelakaan, ruas jalan akan ditutup oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Untuk meminimalisir angka kecelakaan Dishub dan Satlantas Polres Batang memasan rambu-rambu peringatan. “Oleh karena itu, Dishub dengan Satlantas Polres Batang sebagai langkah antisipasi memasang peringatan untuk berhati – hati dan kalau kendaraan bermotor tidak laik jalan agar tidak melawatinya,” lanjut Murdiono.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Pokres Batang, Ipda Sukorinto mengatakan bahwa pemasangan rambu dan PJU (penerangan jalan umum), guard rail, dan kaca cekung akan dilakukan segera.

“Jalan yang sangat curam, dan naiknya sangat tinggi maka akan ada rekayasa jalan untuk arah dari atas atau Dieng bisa melewati Dukuh Sigemplong-Mranten -Rejosari -Deles agar kendaraan tidak berpapsan dijalur Deles – Sigemplong,” tutur Sukorinto.

Sukorinto meminta warga yang melewati ruas jalan tersebut untuk berhati-hati. “Saya himbau kalau mau melewati jalan Bawang -Dieng jangan gunakan metik, kalau terpaksa harus dalam keadaan laik jalan, dan kendaraan apapun harus laik ajalan baik sepeda motor maupun mobil,” tutupnya. (Eva Abdullah)

Tags : bawang-diengjalan rabat beton