close
NasionalPendidikan

SMA AlBarkah Cikalongkulon terapkan elearning

cianjur
Siswa-siswi SMA Al-Barkah Cikalongkulon, Cianjur mengikuti sesi pengenalan Grombyang OS dalam seminar yang diadakan pada Sabtu (08/10). Foto: Saepul Anwar/wartadesa
Siswa-siswi SMA Al-Barkah Cikalongkulon, Cianjur mengikuti sesi pengenalan Grombyang OS dalam seminar yang diadakan pada Sabtu (08/10). Foto: Saepul Anwar/wartadesa

Cianjur, Wartadesa – SMA Albarkah Cikalongkulon Kab. Cianjur  akan menerapkan sistem pembelajaran online atau sering disebut e-learning. Demikian disampaikan oleh Drs. Abdul Rasyid Parinduri, M.M.Pd kepada Wartadesa dalam seminar yang digelar pada Sabtu (08/10) di Aula SMA Al-Barkah Cikalongkulon.

Seminar yang digelar dua hari ini, pada hari pertama diisi dengan materi linux fundamental. Pemaparan tentang linux fundamental dimulai Pukul 13.00 WIB dihadiri lebih dari 200 siswa/siswi SMA Albarkah Cibangkulon, Cianjur. Ketua Komunitas Grombyang OS, Sumitro Aji prabowo dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Linux fundamental merupakan pengenalan dasar mengenai sistem operasi Grombyang Linux.

”Grombyang OS adalah sistem operasi remaster yang dikembangkan oleh team yang dikhususkan dalam dunia pendidikan.” Ungkap pria 25 tahun yang mengaku masih jomblo ini. Sistem operasi berbasis GNU/Linux Grombyang OS ini berorientasi pada dunia pendidikan. Adapun dunia pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan umum saja. Namun, pendidikan lain yang notabene  masih awam dalam pengoperasian linux. Tambah Sumitro.

Tim grombyang konsen dalam literasi pengenalan sistem operasi berbasis opensource,  dengan cara memberikan pendidikan kepada masyarakat secara gencar melalui seminar maupun pertemuan langsung dengan masyarakat desa. “Agar masyarakat tau manfaatnya memakai linux.” Lanjut Sumitro.

Sumitro mengingatkan, memang tidak mudah dalam menggunakan linux tapi dengan menggunakan Grombyang OS diharapkan permasalahan itu dapat teratasi karena linux dibuat se-user friendly (mudah digunakan oleh pengguna – red.) mungkin dan dengan spesifikasi hardware yang sangat minimalis.

Dalam mempelajari linux-pun terkadang kita bakal mengalami kendala. Namun, kendala tersebut akan menjadi berkah ketika kita dapat menemukan solusi dari permasalahan dalam mempelajari linux Grombyang OS ini. Ada pepatah yang berkembang dari tim Grombyang yang menyebutkan “Error adalah ilmu” karena dengan adanya permasalahan atau error akan membuat kita lebih belajar dan menambah pengalaman. Papar Sumitro.

Sementara itu, Kepala SMA Al-Barkah Cikalongkulon, Drs. Abdul Rasyid Parinduri, M.M.Pd menyampaikan bahwa, hingga saat ini SMP/SMA Al-Barkah menggunakan Grombyang OS pada setiap komputer. Baik laptop guru maupun komputer di laboratorium sekolah. “Kami menggunakan Grombyang OS sebagai sistem operasi tunggal di sekolah kami karena gratis dan tahan terhadap virus yang sering kita temui di sistem operasi lain seperti Microsoft Windows, jadi kami menghemat banyak angaran dengan menggunakan sistem operasi ini.” Ujarnya.

Kedepan, kita akan menggunakan model pembelajaran online bagi 1.068 siswa kami. Saat ini kami sedang mengintegrasikan sistem pembelajaran online melalui Grombyang OS Lab, atau sering disebut grOS Lab bagi guru dan siswa. Ujar orang nomor satu di SMA Al-Barkah ini.

Kami juga sedang menginisiasi radio komunitas sebagai media pembelajaran bagi siswa kami. “Jarak rumah siswa yang berjauhan, dan kondisi lokasi sekolah yang susah dijangkau, akan lebih efektif bila menggunakan radio komunitas dan pembelajaran online sebagai medianya. Tutur Rasyid.  ***(saepul/bono)

Tags : CianjurelearningGrombyangOS