close
Dana DesaLayanan Publik

60 Desa di Kabupaten Batang belum mencairkan DD Tahun 2018

ilustrasi dana desa
ilustrasi

Batang, Wartadesa. – Sebanyak 60 Desa di Kabupaten Batang belum dapat mencairkan Dana Desa Tahun 2018, gagalnya pencairan DD tersebut lantaran Kepala Desa belum mempertanggungjawabkan penggunaan dana tahun sebelumnya.

Menurut Bupati Batang, Wihaji, ada 60 dari 248 desa yang belum mencairkan DD Tahun 2018, demikian disampaikan dalam Bimbingan Teknis Pencegahan dan Pengelolaan Dana Desa, Rabu (19/12).

Wihaji menambahkan, adanya kepala desa yang menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan dan Inspektorat membuat suasana batin para kades capai dan lemas. Namun, lanjut Wihaji, jika selama ini mereka tidak melanggar peraturan, dirinya yakin tidak akan terjadi permasalahan.

Keyakinan Wihaji tersebut lantaran sebelumnya sudah ada nota kesepahaman (mou) dengan kejaksaan setempat untuk melakukan pendampingan pengelolaan dana desa sesuai dengan regulasi.

Pada tahun 2019, dana desa di Kabupaten Batang naik menjadi Rp. 23 miliar. Masing-masing desa mengalami kenaikan bantuan sebesar Rp. 100 juta. Wihaji yakin, DD tahap III tahun 2018 akan cair setelah para kepala desa menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana. (WD)

Tags : Dana Desa

Leave a Response