close
rekontruksi
Rekontruksi. Pelaku pembunuhan istri di Sumub Kidul, Sragi melakukan reka ulang (rekontruksi) di Mapolres Pekalongan, Senin (06/08)

Kajen, Wartadesa. – Kasus suami bunuh istri lantaran cemburu buta sang suami saat melihat pp media sosial sang istri yang memasang foto mantan, Senin (06/07) direkontruksi di ruang Dokkes Polres Pekalongan.

Untuk keamanan semua pihak, rekontruksi dilakukan di Mapolres Pekalongan. Tersangka memperagakan 26 adegan, salah satu keluarga korban berperan sebagai korban, anak korban diperankan oleh Penyidik Pembantu Sat Reskrim Polres Pekalongan sedangkan untuk saksi lainnya diperankan langsung oleh para saksi.

Selain Kasat Reskrim AKP Agung Ariyanto  dan penyidik hadir dalam rekontruksi ini adalah Nasokha selaku penasehat hukum tersangka yang ditunjuk dari Polres Pekalongan, Kasipidum Kejaksaan Negeri Kajen Tengku Syahroni   dan keluarga korban.

“Tersangka oleh penyidik dijerat dengan pasal 338 KUHP subsider pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun. Awal mula terjadi tindak pidana ini karena tersangka menduga korban memiliki PIL kemudian terjadilah peristiwa tindak pidana pembunuhan ini” terang Kasat Reskrim.

“Tujuan dilaksanakan rekontruksi adalah membuat terang benderang rangkaian kejadian tindak pidana dari sebelum, sesaat dan sesudah sehingga Penyidik, Penasehat Hukum dan Jaksa Penuntut Umum mengetahui dengan jelas persitiwa yang terjadi dan nantinya dipergunakan saat sidang di Pengadilan” imbuh AKP Agung Ariyanto .

Kasubaghumas Bagops Polres Pekalongan Iptu Akrom   yang juga hadir dalam rekontruksi mendampingi awak media online dan cetak. Dalam kesempatan ini Iptu Akrom S.Sos.I menghimbau kepada masyarakat kabupaten Pekalongan dengan sudah terungkapnya kasus pembunuhan ini untuk taat hukum dan jangan bertindak anarkis atau main hakim sendiri yang nantinya akan merugikan diri sendiri.

“pelaku sudah ditangkap oleh Sat Reskrim Pekalongan dan telah ditetapkan sebagai tersangka, silahkan untuk warga masyarakat mengikuti setiap proses sampai nanti dipersidangan, tetap jaga situasi kamtibmas, percayakan kepada pihak berwajib” pesan Kasubaghumas kepada keluarga korban dan masyarakat yang menyaksikan jalannya rekontruksi.

Seperti diberitakan Wartadesa sebelumnya, ibu muda bernama Wahyu Nuriski Anisa (24) warga Sumub Kidul, Kecamatan Sragi, ternyata meninggal secara mengenaskan ditangan suaminya sendiri. Pemicu pembunuhan, disinyalir karena rasa cemburu buta. Pelaku menuduh istrinya berselingkuh dengan laki-laki lain.

Pembongkaran makam korban sebelumnya, dipicu oleh kecurigaan ibu korban yang tinggal di Jakarta. Dia mendapat kabar anaknya meninggal secara mendadak. Padahal, menurut ibu korban, anaknya tidak pernah mengeluh sakit. Selain itu, korban dimakamkan secara tergesa-gesa, tanpa menunggu ibu korban melihat jenazah.

Menurut tetangga korban yangmemandikan jenazah, didapati leher korban terdapat luka memar dan dari mulut serta hidung mengeluarkan cairan kental berbusa.

Hingga akhirnya, keluarga meminta pihak kepolisian untuk membongkar makam korban dan melakukan otopsi. (Eva Abdullah)

 

Tags : ibu muda meninggalrekontruksi suami bunuh istri