close
Hukum & Kriminal

Operasi Gabungan, motor modif kena tilang

operasi gabungan
Operasi Gabungan. Ratusan pengendara motor dan mobil terkena tilang dalam operasi gabungan yang digelar petugas Polres dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Selasa (03/04) di jalan raya Kulu-Karanganyar.

Kajen, Wartadesa. – Seluruh kendaraan yang melewati jalan raya Kulu-Karanganyar pagi tadi, Selasa (03/04) dihentikan oleh petugas gabungan Satlantas Polres Pekalongan dan Dishub Kabupaten Pekalongan. Mobil dan motor yang tidak lengkap surat-surat kelengkapan kendaraan ditilang. Termasuk motor yang dimodifikasi.

Petugas memeriksa  seluruh pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang melewati di sepanjang jalan tersebut. Kendaraan roda dua akan diperiksa petugas Satlantas Polres Pekalongan, meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor. Selain itu, pengecekan spion, helm, knalpot, berstandar nasional dan kelayakan kendaraan.

[wp_ad_camp_1]

Sedikitnya  136 orang pelanggar dikenakan surat tilang. Adapun jumlah barangbukti berupa 110 STNK, 20 SIM dan 6 Ranmor (kendaraan bermotor).

”Kita akan periksa pengendara bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas. Serta menilang kendaraan yang tak sesuai spesifikasi (modifikasi) motor,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Pekalongan, Ipda Gusman.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Bobby Anugrah Rachman,  melalui Kanit Turjawali menjelaskan, operasi ini dilakukan guna menekan kecelakaan. Melihat penyebab kecelakaan, pengendara tidak mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Selain itu, operasi (razia kendaraan) ini digelar untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas seperti Curas, Curat maupun Curanmor (3C).

”Penyebab kecelakaan pengendara tidak taat peraturan lalu lintas dan kelayakan kendaraanya juga tak sesuai standarnya, saya mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Kami juga akan menekan angka kriminalitas curanmor dengan rutin menggelar operasi kendaraan,” terang Ipda Gusman.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Pekalongan menambahkan, dalam kegiatan operasi (razia kendaraan) tersebut petugas Dishub melakukan penindakan kendaraan roda empat yang melebihi muatan, uji kir uji dan juga pengawasan trayek.

”Petugas Dishub Kabupaten Pekalongan akan menilang pengemudi yang uji KIR belum diperpanjang dan surat pengawasan trayek. Serta bak muatan kendaraan yang sudah dimodifiasi tak sesuai spesifikasinya,” terang Ipda Gusman.  (Humas Polres Pekalongan)

Tags : operasioperasi gabungantilang