close
KesehatanLayanan Publik

Pemkab Batang gelar swab tes di sejumlah pasar tradisional

swabtes

Batang, Wartadesa. – Pemkab Batang hari ini bakal menggelar swab tes di sejumlah pasar tradisional Kota Berkembang. Swab tes digelar setelah sebelumnya dilakukan rapid tes dengan hasil 16 pedagang reaktif Covid-19. Mereka terdiri dari 5 orang dari pasar Batang, 4 orang pasar Bandar dan 7 orang pasar Blado.

“Kita hari ini akan akan melakukan Swab Test yang kedua untuk mereka yang sebelumnya dinyatakan Rapid Testnya reaktif. Swab Test sendiri akan dipusatkan di puskesmas Bandar 1,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr Mukhlasin.

Mukhlasin menjelaskan, sebelumnya 16 orang tersebut sudah menjalani Swab Test usai diketahui hasil Rapid Tesnya reaktif. Namun sesuai dengan protokol yang ada, Swab Test dilakukan dua kali. Tujuanya sebagai hasil perbandingan.

“Sesuai protokol, Swab Test dilakukan dua kali, yaitu hari pertama dan kedua. Nantinya hasil dua kali Swab Test tersebut akan menjadi pembanding bagi tim dalam memutuskan status terhadap seorang pasien,” jelas Mukhlasin.

Sebelumnya diberitakan Wartadesa, hasil dari rapid tes massal yang digelar di beberapa pasar tradisional Batang, terdeteksi 16 orang pedagang reaktif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Mukhlasin menjelaskan pihaknya telah melakukan pemeriksaan uji sample rapid test terhadap pedagang dan pengunjung pasar dilakukan oleh petugas surveilans Dinkes Batang, di Pasar Batang, Bandar dan Blado.

“Hasil pemeriksaan uji sample rapid test di Pasar Batang, sebanyak 145 orang negatif dan 5 orang reaktif positif covid-19. Uji sample rapid test di Pasar Blado, sebanyak 43 orang negatif dan 7 orang reaktif positif covid-19. Pasar Bandar, sebanyak 96 orang negatif dan 4 orang reaktif positif covid-19. Sehingga total ada 16 pedagang yang reaktif ,” jelas dr Mukhlasin. (Eva Abdullah)

Terkait:

 

Rapid tes, tiga staf medis RSUD Batang reaktif Korona

Rapid tes, tiga staf medis RSUD Batang reaktif Korona

Tags : Batangrapid tesswab tes