close
InternasionalSosial Budaya

Ribuan peserta aksi bela Palestina desak pemerintah putus hubungan diplomatik dengan AS

aksi bela palestina

Pekalongan Kota, Wartadesa. – Ribuan aktivis organisasi masyarakat (ormas), organisasi kemahasiswaan dan berbagai elemen lainnya di wilayah Pekalongan dan sekitarnya menggelar  peserta aksi bela Palestina. Aksi yang dimulai selepas sholat Jum’at di depan Masjid Agung Kota Pekalongan, dilanjutkan dengan longmarch ke Monumen 45 di jalan Pemuda Pekalongan. Jum’at (15/12).

Massa  berorasi secara bergantian, dilanjutkan dengan pembakaran replika bendera Amerika Serikat dan penggalangan dana untuk Palestina.

Baca:  Aksi bela Palestina hari ini digelar, 10 ribu bendera Amerika Serikat akan dibakar

Abu Ayyash, Koordinator Bela Palestina meminta agar Pemerintah Republik Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat, terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Aksi Bela Palestina. Ribuan peserta aksi bela Palestina mengaecam pernyataan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Foto: M. Reza

Jerusalem telah ditetapkan oleh PBB dalam status quo. Tapi Donald Trump secara sepihak mengklaim sebagai ibukota Israel. Permasalahan ini bukan hanya masalah teritorial semata, tetapi sudah melukai seluruh umat muslim di dunia. Tutur Ayyash.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi ini diikuti oleh ormas, mahasiswa dan masyarakat dari FPI, LMP, GPK, PPP, PKS, HMI, PII, KOKAM, Gagak dan beberapa lainnya.

Aksi ini berlangsung tertib seperti yang dijanjikan oleh Koordinator Aksi, Andi Sumarwanto. Arus lalulintas dari arah Jakarta menuju Semarang dialihkan oleh petugas saat berlangsungnya aksi, Usai melakukan orasi, peserta meninggalkan lokasi dengan tertib. (Eva Abdullah)

Terkait
Pantai Depok, Nasibmu Kini

Meski sudah ada pemecah ombak, abrasi terus menggerus Pantai Depok Pekalongan (12/10)

Rusak, warga rehab Mushola “Pasar Kebo”

Warga sekitar Mushola Pasar Kebo - Kajen merehab Mushola, Jum'at (14/10). Foto : Eva Abdullah/wartadesa Kajen, Read more

[Video] Pantai Siwalan Nasibmu Kini

https://youtu.be/-ifv0wgTxAM Pesisir pantai siwalan hingga wonokerto Kab. Pekalongan terus terkikis, Pemukiman warga terus terancam hilang. Sebagian rumah warga  sudah tidak Read more

Meneruskan estafet kepemimpinan rating IPPNU Pecakaran

Pelantikan Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Pecakaran, Wonokerto - Pekalongan berlangsung khidmad. (14/10) Foto : Wahidatul Maghfiroh/wartadesa. Read more

Tags : aksi bela palestinadonald trumppalestinayerusalem