close
Layanan PublikSosial Budaya

Tuntut kenaikan siltap, PPDRI Pemalang geruduk kantor dewan

perangkat desa pemalang

Pemalang, WartaDesa. – Kantor DPRD Kabupaten Pemalang digeruduk massa dari Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPDRI), Rabu (16/09) kemarin. Kedatangan mereka, menuntut kenaikan tunjangan penghasilan tetap (siltap).

Dastro, perwakilan PPDRI mengungkapkan bahwa siltap yang diterimanya jauh dari cukup, padahal ia mengaku jam kerjanya 24 jam sehari dalam melayani warga.

Selain itu, PPDRI menuntut agar tanah bengkok yang dikelola oleh perangkat desa, dimasukkan dalam Surat Keputusan (SK) pamong.

“Bagi pemangku kebijakan, Ketua DPRD dan Dispermasdes, agar menaikkan siltap bagi perangkat desa. Selain itu, meminta bengkok yang digarap selama menjadi perangkat desa agar dimasukan dalam Surat Keputusan (SK) pamong,” kata Dastro, Perangkat Desa Lawangrejo, Pemalang.

Menanggapi tuntutan massa PPDRI, Ketua DPRD Pemalang Agus Sukoco, mengatakan perubahan atau kenaikan siltap belum bisa dilaksanakan sekarang ini mengingat anggaran perubahan tahun 2020 ini digunakan untuk penanggulangan Covid-19.

“Siltap harus dinaikan asalkan tidak terbentur aturan yang ada. Sebagai komitmen usulan kenaikan Siltap perangkat desa hari ini juga akan kami laporkan kepada bupati,” ujar Agus Sukoco.

Sementara itu,  Kadispermasdes Tutuko Raharjo  mengungkapkan, Pemkab Pemalang akan menaikkan siltap dari Rp 2.022.000 naik menjadi Rp 2.200.000. Ia berjanji akan  kajian dan simulasi mengenai besaran kenaikan sebagaimana yang dituntut perangkat desa.

“Nanti kami akan simulasikan ulang besaran ADD yang diterima masing-masing desa dan berapa Siltap yang diperoleh. Yang pasti ada kenaikan,” kata Tutuko. (Eva Abdullah)

Terkait
PPDRI Kabupaten Batang cabut aduan pencemaran nama baik perangkat Timbang

Batang, Wartadesa. -  Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPDRI) Kabupaten Batang mencabut  aduan kasus pencemaran nama baik terhadap perangkat Desa Read more

Tiga pasangan balon Bupati-Wakil Bupati Pemalang belum penuhi syarat

Pemalang, WartaDesa. - Tiga bakal calon (balon) Bupati-Wakil Bupati Pemalang dinyatakan KPU setempat belum memenuhi persyaratan. Ketiga balon tersebut yakni Read more

Langgar protokol kesehatan, tiga paslon Pemilukada Pemalang dapat peringatan keras

Pemalang, WartaDesa. - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang memberikan teguran keras terhadap tiga pasangan calon (paslon) Pemilihan Bupati dan Read more

TKW asal Pemalang yang dianiaya majikannya, dievakuasi

Pemalang, WartaDesa. - Sumarkinah, TKW asal Kelurahan Sugihwaras, Pemalang yang mengalami penganiayaan oleh anak majikannya, akhirnya berhasil dievakuasi dari rumah Read more

Tags : pemalangppdri