close
Layanan PublikPendidikan

Fadia canangkan program pendidikan gratis hingga SMA, benarkah?

fadia

Kajen, Wartadesa. – Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dan Wakil Bupati Riswadi mencanangkan program sekolah gratis dari SD hingga SMA, untuk sekolah negeri. Namun tahukah Anda bahwa sejak tahun-tahun sebelumnya untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA negeri di Provinsi Jawa Tengah sudah gratis?

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq mengungkapkan bahwa ia tidak mau berjanji lebih jauh terkait pendidikan gratis di Kota Santri. Menurutnya, pihaknya akan mewujudkan pendidikan gratis, meski terbatas untuk sekolah negeri.

“Saya menghindari janji. Belum untuk swasta karena kami mengukur dan menyesuaikan anggaran yang ada,” kata Fadia dikutip dari Radar Pekalongan.

Fadia menyebut bahwa realisasi program pendidikan gratis (untuk sekolah negeri) paling cepat akan dilaksanakan awal tahun 2022. “Tapi jika kelak anggaran itu cukup, pendapatan asli daerah (PAD) tinggi, tidak menutup kemungkinan akan kami berlakukan juga untuk sekolah swasta,” ucapnya.

Sekolah Negeri Gratis

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2011 Tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, jelas bahwa sekolah setingkat SD hingga SMP negeri seluruh Indonesia tidak ada pungutan biaya pendidikan alias gratis.

Untuk jenjang SMA Negeri, sejak tahun 2020 lalu sudah gratis. Mengutip laman resmi Pemprov Jateng, Program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri di Jawa Tengah diberlakukan mulai Januari 2020. Siswa yang terlanjur membayar SPP hingga Juni 2020 berhak mendapatkan pengembalian dari sekolah.

“SPP gratis kami mulai tahun ini, kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka kepala sekolah harus mengembalikan,” tegas Ganjar melansir tulisan dari web resmi Pemprov Jateng.

Masih rendahnya Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Kabupaten Pekalongan tahun 2019 dan 2020 yang berkisar 9.90 persen, membuat Pemkab Pekalongan harus menaikkan anggaran pendidikan sesuai dengan amanat UU Pendidikan, yakni minimal sebesar 20 persen.

NPD Kabupaten Pekalongan Tahun 2019. sumber: https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=anggaran&tahun=2019

Anggaran untuk pendidikan pada tahun 2021 pun tidak jauh dari anggaran tahun sebelumnya. Pada tahun 2021, anggaran pendidikan mendapatkan porsi sebesar Rp 720.934.775.654, naik sedikit dari tahun sebelumnya.

APBD Pendidikan Tahun 2021 Kabupaten Pekalongan. Sumber : https://drive.google.com/file/d/11MdT3Pu721f6kU2Rr8-AHIzJL84lYOMe/view

Sementara itu, untuk program layanan kesehatan gratis cukup dengan menunjukkan KTP baru bisa untuk pemilik BPJS kelas III.  (Buono)

Terkait
Sekolah Negeri di Kota Santri Dilarang Pungut Sumbangan

Kajen, Wartadesa. - "Sekolah saya minta tidak ada pungutan ini itu. Apalagi yang membebankan masyarakat. Tahun ini saya Malah mengeluarkan Read more

Sekda Pekalongan: Kita Serius Siapkan SDM dan Sarpras Olahraga

Kajen, Wartadesa. - Pemerintah Kota Santri, Pekalongan berjanji akan lebih serius dalam membangun bidang keolahragaan, termasuk penyiapan sumber daya manusia Read more

Petakan Pemerataan Daging Qurban, Lazismu Pekalongan Salurkan Sapi di Podosari Kesesi

Pekalongan, Wartadesa. – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan, menyalurkan program bantuan hewan qurban di Masjid Read more

Mantabkan Peran Pemuda untuk Pembangun Bangsa PDPM Kabupaten Pekalongan Gelar Seminar Kebangsaan

Pekalongan, Wartadesa. – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pekalongan pada hari Sabtu sampai dengan Ahad, 25-26 Juni 2022, menyelenggarakan Read more

Tags : Pekalongansekolah gratis