close
Sosial Budaya

Warga Wangandowo keberatan pembangunan krematorium

krematorium

Bojong, Wartadesa. – Ratusan warga Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan menggerudug balaidesa setempat. Mereka keberatan pemberan ijin pembangunan krematorium di wilayahnya, Senin (29/04) malam.

Penolakan warga terhadap pendirian krematorium lantaran mereka khawatir dampak kesehatan, dampak psikologis warga setempat. Selain itu warga juga khawatir dampak ekonomi yang di timbulkan apabila krematorium di bangun di Desa Wangandowo mengingat saat ini kehidupan mereka mulai meningkat ekonominya seiring naiknya harga tanah, usaha pertokoan dan rumah makan yang merupakan dampak dari adanya Kampus IAIN Pekalongan.

Informasi dihimpun, Pemerintah Desa Wangandowo memberikan ijin pembangunan Kerematorium di Rt. 09 dan Rt 10 Rw 04 desa setempat kepada Yayasan Gotong Royong Pekalongan. Hal demikian disayangkan oleh warga, mengingat pada musyawarah desa sebelumnya diputuskan bahwa warga menolak pembangunan krematorium.

Sementara itu, pihak Yayasan Gotong Royong yang diundang dalam pertemuan tidak hadir tanpa keterangan.

Keterangan dari pihak Muspika Bojong, Camat Bojong hingga saat ini belum menandatangani surat ijin pembangunan krematorium. Menurut Camat Bojong, alur perijinan yakni dari desa dilanjutkan ke kecamatan dan Kabupaten Pekalongan.

Adanya informasi turunnya ijin pembangunan krematorium membuat pihak kecamatan kaget. Camat Bojong mengaku akan berkoordinasi dengan Pemkab Pekalongan terkait keberatan warga Wangandowo.

Kapolsek Bojong AKP Suhadi, yang hadir dalam mediasi antara warga dengan Pemdes Wangandowo meminta warga menyampaikan aspirasinya dengan baik. “Silahkan masyarakat melakukan protes tapi protes yang baik dengan cara yang baik jangan sampai berbuat anarki maupun perbuatan yang melanggar hukum yang lainnya” ucap Kapolsek. (WD)

Terkait
Demo tutup karaoke tak digubris, warga Wangandowo geruduk tempat karaoke ilegal

Bojong, Wartadesa. - Kesabaran ada habisnya, demikianlah yang dirasakan oleh warga Desa Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Setelah sebelumnya pada Sabtu, Read more

Warga Wangandowo tolak pendirian karaoke

Bojong, Wartadesa. - Ratusan warga Desa Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan menggelar aksi unjukrasa, menolak pendirian karaoke di wilayahnya. Kontributor Read more

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan
Wartadesa foto

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan Kabupaten Pekalongan - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, petugas gabungan yang Read more

Tagih program 100 hari Bupati Pemalang, Laskar Patih Sampun bakal gelar demo

Pemalang, Wartadesa. - Puluhan aktivis di Pemalang bakal menggelar aksi demonstrasi menagih janji program 100 hari Bupati Pemalang, Senin (07/06) Read more

Tags : tolak krematoriumwangandowo