close
Kesehatan

10 Desa di Pemalang Masuk Penanganan Stunting

stunting
 Rakor Penetapan Desa Prioritas Lokus Penanganan Stunting Terintegrasi Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2023.

Pemalang, Wartadesa. – Sepuluh desa di Kota Ikhlas bakal menjadi lokasi penanganan (lokus) stunting tahun 2023. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

10 desa yang menjadi lokus penanganan stunting meliputi Desa Jatingarang KecamatanBodeh, Banjarmulya (Pemalang), Gondang dan Kaligelang(Taman), Pesantren (Ulujqmi), Kreyo (Randudongkal), Desa Banyumudal, Sima, Walangsanga (Moga) dan Kelurahan Sugihwaras(Pemalang).

Demikian terungkap dalam Rakor Penetapan Desa Prioritas Lokus Penanganan Stunting Terintegrasi Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2023.

Kabid Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda Kabupaten Pemalang, Titin Soewastiningsih Soebari mengatakan, untuk menentukan desa prioritas lokus stunting ini, kami menggunakan data sebagai baselinenya antara lain desa rawan pangan, desa penanganan kemiskinan ekstrim dan desa dengan prevalensi dan jumlah stunting yang tinggi atau absolut.

Menurut Titin, desa-desa yang menjadi lokus stunting selanjutnya akan mencari irisannyya, desa  mana yang memenuhi kriteria sebagai desa rawan pangan, desa penanganan kemiskinan esktrim dan desa dengan prevalensi kasus stunting yang cukup tinggi pada tahun 2023.

Titin menambahkan Kabupaten Pemalang dalam kinerja penurunan stunting se Jawa Tengah di penilaian kinerja tahun 2020 menduduki peringkat pertama dari 35 Kabupaten/Kota. (Buono)

Terkait
Budaya Ngapi’i jadi pemicu stunting di Kota Santri

Kajen, Wartadesa. - Budaya selepas melahirkan 'Ngapi'i' yakni ibu yang melahirkan hanya makan-makanan tertentu sebelum 40 hari kelahiran, tidak boleh Read more

Pandemi Covid-19, jumlah warga miskin Kota Santri naik, angka stunting 21%

Raih Peringkat 2 Penanganan Stunting Kajen, WartaDesa. - Pagebluk (pandemi) Covid-19 menjadi pemicu naiknya jumlah warga miskin di Kota Santri.Jika Read more

Mengenal Inpari IR Nutri Zinc, padi pencegah stunting

Batang, Wartadesa. - Hingga Pebruari 2020, sedikitnya 156.549 balita di Jawa Tengah mengalami stunting (kekurangan gizi kronis yang terjadi selama Read more

Pemalang masuk dalam 100 desa prioritas penanganan gizi buruk stunting

Pemalang, Wartadesa. - Kabupaten Pemalang masuk dalam 100 desa dari 10 kabupaten prioritas penanganan stunting (gizi buruk yang menyebabkan balita Read more

Tags : pemalangstunting