close
Sosial Budaya

450 juta untuk tiga ribu yatim dhuafa se-Kabupaten Pekalongan

lazismu1

Kajen, Wartadesa. – ‘Merangkai Senyum 3.000 Yatim Dhuafa’ menjadi menu utama kegiatan Lembaga Amil Zakat Infak Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan pada bulan Ramadhan 1438 H ini.

Kegiatan ini merupakan kali ketiga yang dilakukan Lazismu Kab Pekalongan dengan memberikan bantuan bersifat komsumtif, yang masih sangat dibutuhkan oleh anak-anak yatim maupun kaum dhuafa (fakir miskin).

Bantuan berupa paket sembako dan uang saku ini disepakati pada saat rapat koordinasi Lazismu  Kabupaten Pekalongan dengan seluruh Kantor Layanan beberapa waktu yang lalu.

Bantuan ini dipandang tepat mengingat kebutuhan akan bahan pokok pada bulan puasa selalu meningkat dan pada saat yang sama, harga-harga bahan  pokok tersebut merangkak semakin tinggi.

Santunan yatim dhuafa akan dilaksanakan di 23 Kantor Layanan Lazismu se-kabupaten Pekalongan,  pada tanggal 10 – 15 Juni 2017.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin Lazismu Kabupaten Pekalongan tiap tahun”, kata Riyanto, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Pekalongan.

Riyanto menambahkan, “Tiap tahun kita berusaha meningkatkan, baik kuantitas sasaran maupun nominal yang diterimakan.  Tahun lalu kita membagikan kepada 2.300  yatim dhuafa dengan masing-masing mendapatkan paket uang sebesar Rp. 100 ribu.  Tahun ini target kita 3.000 yatim dhuafa dengan paket sembako senilai Rp. 100 ribu plus ditambah uang saku Rp. 50 ribu,” tambahnya.

Tak kurang dari 450 juta sudah disiapkan Lazismu Kabupaten Pekalongan dalam Program Merangkai Senyum 3.000 Yatim Dhuafa ini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program besar Lazismu Nasional yang bertajuk “Program Ramadhan 1438 H”, dimana didalamnya ada empat kegiatan utama yaitu, Filantropis Cilik, Filantropis Muda, Ramadhan Berbagi, dan Mudikmu Aman. Lanjut Riyanto.

“Dari empat kegiatan tersebut, pada bulan Ramadhan 1438H ini kami mengeksekusi dua kegiatan yaitu Ramadhan Berbagi dan Mudikmu Aman.  Kegiatan Ramadhan Berbagi diwujudkan dalam bentuk santunan yatim dhuafa yang dibingkai dalam kegiatan ‘Merangkai Senyum 3000 Yatim Dhuafa’.” jelas Akhmad Zaeni, Direktur Lazismu Kab. Pekalongan.

Zaeni melanjutkan, “Sementara kegiatan Mudikmu Aman diwujudkan dalam  bentuk Posko Mudik yang merupakan kerja sama antara Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lazismu Kabupaten dan Kota Pekalongan serta Komando Kesiapsiagaan (Kokam), Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pekalongan TImur”, jelasnya.

Satu Posko induk dan tiga posko satelit akan didirikan di beberapa wilayah di Kabupaten dan Kota Pekalongan dalam kegiatan Mudikmu.

“Kita akan membentuk satu posko mudik induk untuk mendukung tiga posko mudik satelit guna membantu para pemudik yang mau istirahat dalam perjalanan atau mengalami kendala kesehatan dan lain sebagainya.” lanjut Zaeni.

Adapun posko induk akan berlokasi di STIEM Pekalongan, Jl. KH Mas Mansyur No No. 2 Bendan Pekalongan, sedangkan posko satelit pertama berada di Pencongan – Wiradesa. Posko kedua di Masjid Al-Khuzaemah – Kajen  dan posko ketiga di Masjid Darul Iman  Noyontaan Pekalongan Timur yang bisa jadi pilihan bagi para pemudik yang keluar dari pintu tol Bojong. Pungkas Zaeni. (MazTik)
___________________________________________
Salurkan Zakat Infak Shodaqoh Anda ke:
Lazismu Kab. Pekalongan

Untuk transfer donasi:
Bank Muamalat  511-000-590-8
Bank Jateng Syariah  505-300-567-2
Bank Syariah Mandiri  707-384-559-3
BTM Kab. Pekalongan  020-000-136-0

Call Center:  0815 2410 2000

Tags : dhu'afalazismumiskinyatim