close
demo jembatan karangjati2

Wiradesa, Wartadesa. – Jembatan gantung Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekaongan, Jawa Tengah yang menghubungkan dengan Desa Wuled, Kecamatan Tirto, disegel massa, Sabtu (26/8).

Puluhan warga desa yang tergabung dalam Forum Peduli Pembangunan Desa (FPPD) Desa Karangjati memasang kertas segel yang ditulis dalam kertas manila, dengan tulisan “Tong Jembatan Kami Segel”,”Jembatan Ora Usah Dijogo Wong Duite Ora Genah – Digondol”, “Duit Jembatan Bukan Milik Mbahmu – Kog Nggo Bancakan”, “Duit Jembatan Dilarang Digunakan Untuk Keperluan Pribadi”.

Jamhari Amat, Koordinator Aksi dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karangjati mensinyalir bahwa uang hasil dari tong jumbatan digunakan untuk kepentingan pribadi penjaga jembatan, Anton, Ketua Pengurus jembatan gantung.

Jamhari menuntut pihak pengelola untuk transparan dalam mengelola dana, terutama penggunaan uang hasil restribusi jembatan gantung.

“Warga juga menuntut uang yang digunakan oleh Anton selaku Ketua Pengurus jembatan gantung  dengan nominal sekitar Rp. 32 juta,  agar dikembalikan,” tutur Jamhari dalam orasinya.

Jamhari menambahkan, warga menuntut agar pengurus jembatan gantung diganti, “Ganti pengurus jembatan gantung dengan pengurus lama yaitu Fauzan sebagtai Ketua dan Saeful Anam sebagai Bendahara.” Tambahnya.

Sementara itu, Tulus, warga setempat, ketika dihubungi Wartadesa mengungkapkan bahwa warga tetap menuntut seluruh dana yang digunakan untuk keperluan pribadi dikembalikan, “Tuntutane yo duwite balekke,” ujarnya.

Tulus menambahkan, pihak pemerintah desa, nanti malam, Ahad (27/8), akan melakukan panggilan keluarga pengurus jembatan gantung, untuk dimintai penjelasan terkait penggunaan dana restribusi jembatan.

“Nanti malam, keluarga terdakwa (pengurus jembatan gantung_red.) akan diundang ke balaidesa,” pungkas Tulus.

Aksi warga tersebut dihadiri juga oleh Kepala Desa Karangjati. Sambil menunggu kejelasan permasalahan penggunaan dana restribusi jembatan gantung, saat ini warga yang melintas di jembatan digratiskan. (WD)

Tags : jembatan gantung karangjati