close
ipm pekalongan rendah

Kajen, Wartadesa. – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pekalongan masih beraport merah. Saat ini IPM Kota Santri 67  satu digit lebih rendah ketimbang IPM Provinsi Jawa Tengah, yakni 68. Hal tersebut tentu saja menjadi pekerjaan rumah (PR) yang berat bagi Bupati Pekalongan untuk mengejar IPM secara nasional pada 2017 yang berada pada angka 69.

Menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi dalam Opening Meeting Penilaian Survey Akreditasi Puskesmas Wonopringgo dan Puskesmas Kedungwuni I, di Ballroom Hotel Santika Kota Pekalongan, Ahad (3/9), dari delapan indikator pembangunan, enam diantaranya masih merah.

Berdasarkan data survey BPS tahun 2015 Kabupaten Pekalongan baru mencapai dua indikator yang berwarna hitam, enam indikator lainnya masih berwarna merah.

Asip melanjutkan, merhanya IPM Kabupaten Pekalongan akan bisa diperbaiki dengan memperbaiki pelayanan kesehatan. Utamanya menekan angka kematian ibu hamil. Ujar Bupati Pekalongan setelah berdiskusi dengan BPS Jawa Tengah.

Asip berharap agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih ditingkatkan, disamping menata kelembagaan Puskesmas. Selain itu, orang nomor satu di Kota Santri tersebut menargetkan, 27 Puskesmas pada 2019 sudah terakreditasi.

Asip mengaku serius menggarap masalah pelayanan kesehatan di Kabupaten Pekalongan, “Insyaallah berdasarkan pengalaman yang sudah ada, kita selalu serius dalam menggarap masalah kesehatan di Kabupaten Pekalongan,” tegas Bupati.

Selain itu, tambah Asip, akreditasi merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja lembaga Puskesmas dalam meningkatkan aspek administrasi maupun aspek layanan.Sementara, Ketua Tim Penilai Survey Akreditasi dr Esty Martiana Rachmie dalam sambutannya menyampaikan tujuan akreditasi. Menurutnya, tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Selain itujuga untuk meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya, serta Puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi sebagai institusi. (WD)

Terkait
Suasana haru warnai Pelantikan PC IPM Pencongan

Wiradesa, Wartadesa. - Suasana haru mewarnai pelantikan Pimpian Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Pencongan. Ketua terpilih Ipmwati Hesty Yulianti, Read more

Ketua IPM SMK Muhamka periode 2017/2018 dilantik

Kajen, Wartadesa. - Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) periode 2017/2018 resmi dilantik pada Sabtu (28/10) di Read more

IPM SMK Muhamka Periode 2016/2017 Selenggarakan Musyran ke XVI dan Pemilu Raya Periode 2017/2018

Kajen, Wartadesa. - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kajen (PR IPM) SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) periode 2016/2017 selenggarakan Musyawarah Ranting Read more

Sekolah di Mulyoharjo dan Bojongbata Pemalang tidak jadi KBM Tatap Muka

Pemalang, Wartadesa. - Meski sebelumnya 25 SD dan 17 SMP di Pemalang direncanakan menggelar proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap Read more

Tags : indeks pembangunan manusiaIPMIPM pekalongan raport merah