close
seminar pks

Kajen, Wartadesa. – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kabupaten Pekalongan menyelenggaran acara peluncuran Rumah Keluarga Indonesia (RKI).

“Keluarga memiliki peran penting dalam tegaknya kebaikan dan ibu adalah pelopor utamanya, maka tidak sepantasnya kaum wanita menyepelekan perannya sebagai seorang ibu, dimana ia adalah madrasah pertama bagi keluarga,” tutur Ketua BPKK DPD PKS Kabupaten Pekalongan, Nur Hidayah, Jum’at (30/12).

Hidayah menerangkan RKI Kabupaten Pekalongan mempunyai delapan kegiatan yang menjadi fokus utama yaitu Pembekalan Pranikah, Harmonisasi Suami Istri, Pendidikan Orang tua dan anak, Sahabat Anak dan Remaja, Pos WK/Pos Eka, Konseling dan Advokasi Keluarga, Pembinaan Lansia, serta Pendidikan Politik.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi daya dorong yang kuat bagi semua elemen guna meningkatkan peran perempuan dalam ketahanan keluarga, masyarakat dan negara,” terang Hidayah di depan 200 ibu-ibu yang hadir.

“Kami berharap dengan adanya RKI ini, bisa menjadi wadah untuk melayani masyarakat Kabupaten Pekalongan baik dalam bentuk konsultasi keluarga, pembinaan serta permasalahan lainnya yang muncul dalam kehidupan rumah tangga, sehingga bisa mengokohkan keluarga sebagai miniatur dari masyarakat yang akan membentuk karakter suatu bangsa,” jelas Ketua DPD PKS Kabupaten Pekalongan, Riska Yulianto, saat membuka acara.

Turut hadir dan memeriahkan acara ini, Ketua BPKK DPW PKS Jawa Tengah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Perwakilan Parpol Bidang Perempuan, Perwakilan Ormas Perempuan, kader dan simpatisan perempuan PKS, serta Group Rebana Remaja Pekiringan Ageng, Kajen Kabupaten Pekalongan.

Acara yang dikemas dengan kegiatan Talkshow Hari Ibu yang bertema “Ibu sebagai Pelopor Penggerak Kebaikan” ini menghadirkan narasumber Ibu Hj. Masruroh, dari Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPMPKB) dan Ibu Sumartini, pengurus BPKK DPW PKS Jawa Tengah.

“Hadirnya RKI yang dipelopori oleh ibu-ibu PKS diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah sebagai komponen bangsa dalam mencerdaskan ibu dan anak,”tutur Masruroh

Sumartini menambahkan, banyaknya tindakan kejahatan anak dan remaja, perceraian suami istri, dan masalah keluarga lainnya seringkali disebabkan karena ketidakpedulian orang tua kepada anak, kurangnya pemahaman kehidupan dalam berumah tangga, dan lainnya. Oleh karena itu sebagai bentuk khidmat kepada masyarakat, PKS membuat program RKI untuk memberikan pendidikan dan juga konsultasi bagi keluarga Indonesia.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memaknai momentum Hari Ibu, yang diawali dengan pembagian bunga dan bawang putih serta pembagian buletin oleh kader perempuan PKS Kabupaten Pekalongan dibeberapa kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan pada tanggal 22 Desember 2016. ***(Didik/Eva Abdullah)

Tags : PKS PekalonganRumah Keluarga Indonesia

Leave a Response