close
KesehatanSosial Budaya

Kasus Debora, Jamkeswatch lakukan longmarch Surabaya-Jakarta

jamkeswas

Wiradesa, Wartadesa. – Ratusan buruh Pekalongan yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja menyambut aksi longmarch yang dilakukan oleh Jamkeswatch, dari Surabaya menuju ke Jakarta. Mereka menyambut tujuh peserta longmarch Jamkeswatch di depan PT Dupantek Wiradesa. Jum’at (6/19)

Aksi longmarch tersebut diinisiasi karena keprihatinan akan meninggalnya bayi Debora, di RS Mitra Keluarga Jakarta karena dinilai pemerintah masih setengah hati menjalankan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Ade ‘Kenzo’ Lukman, perwakilan dari FSPMI Bekasi mengungkapkan bahwa mereka berangkat dari Surabaya pada 19 September 2017, dan tiba di Pekalongan pada Jum’at (6/10) pukul 10.00 WIB.

Di depan PT. Dupantek Wiradesa kehadiran tujuh orang peserta longmarch disambut oleh ratusan orang dari SPN Kabupaten dan Kota Pekalongan yang dipimpin oleh ketua SPN Kab. Pekalongan, Ali Soleh.

Setelah beristirahat sejenak selanjutnya dengan menaiki sepeda motor rombongan longmarch diantar ke IBC Wiradesa yang selanjutnya sekitar pukul 10.35 wib rombongan dilepas untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Menurut Ade ‘Kenzo’ Lukman, tujuan dari aksi tersebut adalah untuk mendesak seluruh klinik dan rumah sakit di Indonesia untuk menjadi provider BPJS kesehatan tanpa kecuali, memastikan semua warga masyatakat menjadi anggota BPJS kesehatan yang dibiayai oleh negara dan mengapus sistim INA CBGS yaitu sistim yang membuat lambannya pelayanan kesehatan masyarakat. (WD)

Tags : deboralongmarch jamkeswatchSPN