close
Sosial Budaya

Meski libur panjang, lonjakan penumpang hanya 30 persen

terminal pemalang
Meski libur panjang, pemudik yang turun di terminal bus Pemalang masih normal.

Wiradesa, WartaDesa.  – Libur panjang sejak 28 Oktober hingga 1 Nopember 2020 nampaknya benar-benar dimanfaatkan warga untuk mudik. Hal tersebut terlihat di terminal sementara IBC di Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, hari ini, Kamis (29/10). Hal yang sama terjadi di exit tol Gandulan Pemalang, petugas menyebut bahwa terjadi lonjakan sebanyak 30 persen jumlah pemudik.

Namun demikian, lonjakan penumpang tidak terjadi di terminal Pemalang dan terminal Pekalongan. Jumlah penumpang, dikatakan oleh petugas, masuk kategori normal. Bahkan terminal Banyuputih, Batang terlihat masih sepi. Lonjakan arus mudik, lebih terlihat di stasiun kereta api Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

Menurut Komandan Regu Pengatur Lalu Lintas Terminal Tipe A Pemalang, Suprapto, pemudik yang turun di terminal Pemalang masih normal karena adanya pembatasan penumpang yang dilakukan setiap bus, yakni hanya diperbolehkan mengangkut 75 persen penumpang.

Sementara Herman,  Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Pemalang mengungkapkan bahwa lonjakan penumpang KA mulai terlihat sejak Rabu (28/10).  ” Intensitas penumpang kereta api yang turun di Stasiun Pemalang  mulai nampak signifikan sejak dini hari tadi.” Tuturnya.

Keramaian penumpang juga terjadi di terminal sementara IBC Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Ratusan penumpang nampak naik dan turun  sejak pagi hingga siang, Kamis (29/10). Menurut petugas, mereka berasal dari Jakarta, Bandung dan Banten.

Berbeda dengan terminal bus Banyuputih, Limpung, Batang, hingga siang ini, belum ada lonjakan signifikan penumpang yang datang dari Jakarta dan sekitarnya.

Staf kantor terminal tipe B itu, Syamal mengatakan situasinya masih sama seperti sebelum libur panjang. Tidak terlihat ada lonjakan naik turun penumpang. “Belum tahu kalau nanti malam ya, soalnya resmi liburnya yang swasta kan baru hari ini,” kata Syamal.

Menurut Syamal, pihaknya memprediksi, lonjakan penumpang di terminal tersebut tidak banyak meski libur panjang. “Kalau liburan kali ini kayak engga banyak soalnya nanggung, kecuali pakai kendaraan pribadi,” ujarnya. (Bono)

Terkait
Warga Pemalang masih bisa “Pulang Kampung”, seminggu 11 ribu pemudik datang

Pemalang, Wartadesa. -  Meski larangan atau pembatasan mudik (dari kota besar kembali ke kampung halaman) mulai efektif sejak 24 April Read more

12 ribu pemudik dari zona merah tiba di Kota Santri

Kajen, Wartadesa. - Sedikitnya 12 ribu pemudik dari zona merah seperti Jakarta tiba di Kota Santri, hal tersebut membuat Pemkab Read more

Puluhan ribu warga Pemalang mudik

Ribuan pemudik asal Batang discan suhu tubuhnya Pemalang, Wartadesa. - Tercatat sedikitnya 27.809 warga Pemalang yang tinggal di zona merah Read more

Mudik, 14 warga Gandarum Kajen disemprot

Kajen, Wartadesa. -  Sebanyak empat belas warga desa Gandarum Kecamatan Kajen yang baru tiba dari Jakarta ke kampung halamannya di Read more

Tags : liburan panjangmudik