close
Politik

16 anggota ASN Polri aktif jadi anggota partai politik

logo pemilu 2019

Kajen, Wartadesa. – Sebanyak 16 anggota Polri dan ASN yang masih aktif berstatus sebagai PNS ditemukan menjadi anggota partai politik peserta pemilu. Pengawasan yang dilakukan dari tanggal 18 Oktober hingga 15 November oleh KPU Kabupaten Pekalongan, menemukan adanya beberapa anggota partai yang berstatus sebagai PNS dan anggota Polri. Demikian dikatakan oleh Komisaris KPU Kab. Pekalongan, M. Ahsin Hana.

“16 calon tersebut dua anggota Polri dan 14 PNS yang menjadi mendaftar anggota partai,” ujarnya, Kamis (16/11). Dikutip dari Tribun.  Pihaknya langsung melakukan pendataan dan verifikasi terkait temuan tersebut. “Kami mendatangi satu persatu partai yang memiliki anggota non sipil,” tambahnya.

Meski demikian, Ahsin tidak menerangkan partai mana saja yang memiliki anggota non sipil. Menurut Ahsin masih parpol tersebut masih diberi kesempatan untuk memperbaiki hingga tanggal 1 Desember 2017 mendatang.  “Masih ada waktu sekitar dua pekan untuk memperbaiki agar peserta layak mengikuti pemilihan,” ujarnya.

Adapun 14 partai yang diperiksa oleh KPU terkait kelengkapan administrasi yaitu. Gerindra, PDI P, Nasdem, PKS, Demokrat, PPP,  Golkar, Hanura, PAN, PSI, Perindo, Garuda, Berkarya, PKB, dan PAN.

Merujuk pada Undang-Undang nomor 5 Tahun 2014 terkait aparatur sipil negara (ASN) dan UU No 2 tahun 2002, maka angota Polri dan pegawai negeri sipil yang masuk ke partai politik harus mengundurkan diri. (WD, Tribun Jateng)

Tags : pemilu 2019penerimaan anggota Polri