close
jembatan-pantianom
Rusak parah. Jembatan Pantianom penghubung warga Sragi-Bojong terlihat rusak parah, hingga saat ini belum ada perbaikan. (25/10). Foto: Eva Abdullah Ajis/wartadesa
Rusak parah. Jembatan Pantianom penghubung warga Sragi-Bojong terlihat rusak parah, hingga saat ini belum ada perbaikan. (25/10). Foto: Eva Abdullah Ajis/wartadesa

Bojong, wartadesa – Jembatan yang melintas Kali Sragi, penghubung antara Kecamatan Sragi-Bojong Kabupaten Pekalongan kondisinya rusah karah dan makin memprihatinkan. Jembatan yang menjadi sarana transportasi mayarakat sekitar ini tidak lagi dapat berfungsi maksimal lantaran tingkat kerusakanya, beberapa titik jembatan tersebut sudah rusak, dan nampak bolong, jika tidak hati-hati pengguna jembatan bisa  berpotensi kecelakaan. Masyarakat sekitar dengan sukatela memberi tanda agar pengguna jembatan lebih berhati-hati dan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Salah satu warga sekitar jembatan, Eko, mengatakan warga sekitar secara sukarela selalu berupaya membenahi jembatan ala kadarnya.

“Jembaan itu rusak sudah lama sekali, warga sekitar kadang menebang pohon untuk membenahi jembatan yang bolong.” Kata eko.

jembatan-pantianom1

Jembatan yang memiliki Lebar kurang lebih lima meter dan panjang lebih dari duapuluh meter ini memang nampak ramai dipergunakan oleh masyarakat Sragi-Bojong dan sekitarnya termasuk anak sekolah. Jembatan terbagi menjadi tiga jalur. Jalur tengan yang praktis tidak berfungsi dan dua jalur damping yang masih digunakan oleh masyarakat, itupun harus ekstra hati-hati.

Pemerintah Desa Kalijambe Kecamatan Sragi, melalui Sekdes setempat, Hasanudin, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/10) mengatakan, jembatan Kalijambe – Pantianom dulu pernah diperbaiki akan tetapi sekarang rusak lagi.

“Jembatan tersebut sangat besar fungsinya karana menjadi sarana penghubung masyarakat banyak, terutama pada musim panen, karena rusak petani terdekat harus mencari jalan lain yang lebih jauh, kami berharap pemerintah segera memperbaikinya,” ucap Hasanudin. ***(Eva abdullah)

Tags : BojongJembatanJembatan RusakPantianomPekalonganRusakSragi