close
FeminisiaKesehatan

Malu, peserta pemeriksaan IVA di Petungkriyono minim

pemeriksaan iva petung

Petungkriyono, Wartadesa. – Pemeriksaan Inpeksi Visual Asam asetat (IVA) di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah minim peserta. Malu menjadi alasan kaum perempuan untuk datang melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker tersebut.

Menurut salah satu anggota PKK Kecamatan Petungkriyono, Laely Kurniasari, pihaknya sudah melakukan sosialisasi acara pemeriksaan IVA hari ini, Selasa (12/12), namun ternyata hanya 25 perempuan yang hadir untuk melakukan pemeriksaan dengan alasan peserta takut dan malu.

Laely berharap pemeriksaan IVA lebih sering dilakukan di Petungkriyono, “Semoga kegiatan ini dapat dilakukan lebih sering di Petungkriyono. Sehingga makin banyak peserta yang ikut dan peduli dengan pemeriksaan IVA dan Sadarnis,” tuturnya.

Pipit Danar Saputra dari Puskesmas Petungkriyono mengungkapkan bahwa pemeriksaan IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim. Sedangkan Sadarnis adalah pemeriksaan payudara oleh tenaga medis. Dimana kegiatan ini menjadi sangat penting, karena dapat mendeteksi kanker lebih dini. Dengan harapan dapat menekan resiko penyakit kanker leher rahim dan payudara.

Sementara itu, menurut Tri Winarni (21), warga Desa Kasimpar pemeriksaan IVA berlangung cepat dan kaum perempuan seharusnya tidak malu untuk melakukan pemeriksaan tersebut. “Kita tidak perlu takut atau malu, karena dengan kegiatan ini saya jadi lebih peduli dengan organ kewanitaan. Jadi banyak sekali manfaatnya bagi wanita,” pungkasnya. (WD, suarapetungkriyono)

Tags : ivakanker rahimrahim