close
670_446_lapas-pemalang-rusuh-karena-saling-ejek-dua-napi-terluka_m_226330
Rutan Kelas IIB Pemalang paska rusuh akibat saling ejek. Foto: Jawapos

Pemalang, Wartadesa. – Kerusuhan terjadi akibat saling ejek antar dua napi (narapidana) di Rutan (rumah tahanan) Kelas IIB Pemalang, Ahad (08/07) malam.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Kemenkumham, Ade Kusmanto, kerusuhan bermula dari kesalahpahaman dua napi penghuni kamar 11. “Mereka itu warga binaannya pindahan dari lapas narkotika Jakarta. Diantara mereka itu ada yang saling ejek berujung perkelahian dan luka dialami salah satu napi,” ujarnya, Senin  (09/07).

Napi lainnya yang melihat rekannya terluka, meminta pertolongan petugas. Namun sebelum petugas datang, napi lainnya malah ribut. “Mendobrak pintu, segera keluar malah tidak fokus sama tahanan yang luka. Malah merusak pintu-pintu kamar yang lain. Momen itu dimanfaatkan melakukan gangguan keamanan yang munkin kalau sudah lemah mau melarikan diri,” sambung Ade.

Para napi berhasil menjebol sembilan pintu sel dan sempat merusak pintu pengaman rutan. Selain itu fasilitas kaca di ruang kerja sipir hancur.

Petugas yang datang, akhirnya dapat meredam kerusuhan. “Dua napi terluka dibawa ke Rumah Sakit Dr Ashari Pemalang. Sementara 17 napi ditetapkan sebagai otak kerusuhan,” imbuh Ade. 10 napi kemudian dievakuasi ke Lapas Tegal dan sisanya dipindah ke Lapas Brebes.

Ade mendandaskan, saat ini kondisi rutan kelas IIB Pemalang sudah kondusif. (Sumber: Jawapos)

Tags : napi rusuhrusuh di rutan pemalang