close
Dana Desa

Soal Dana Desa, kades seharusnya tidak terjerumus dalam persoalan

gambar ilustrasi dana desa
Ilustrasi

Kandangserang, Wartadesa. – Besarnya dana dalam program bantuan Dana Desa, Bantuan Keuangan (bankeu) dan Alokasi Dana Desa (ADD) diharapkan tidak menjerumuskan kepala desa dalam masalah-masalah hukum. Kades harus bisa merencanakan, menggunakan dan melaporkan alokasi bantuan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikian disampaikan oleh Mahdi Suryanto,  Kasintel Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan dalam penyuluhan hukum program pembinaan masyarakat di Balai Desa Lambur, Kandangserang Kabupaten Pekalongan, Senin (02/04).

[wp_ad_camp_1]

“Ya, karena dana tersebut harus dipertanggungjawabkan penggunaannya. Kades juga harus memahami seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan keuangan desa, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban,” ujar Mahdi dilansir dari radar pekalongan.

Menurut Mahdi, pihaknya saat ini fokus pada peningkatan kesadaran masyarakat, khususnya perangkad desa, BPD, dan kepala desa dalam mempertanggungjawabkan dan pelaksanaan bantuan dana desa.

Terkait masih adanya desa ‘nakal’, lanjut Mahdi, hal tersebut menjadi kewenangan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (Apip).  Jika ditemukan pelanggaran a pidana,  Apip akan menyerahkan permasalahan tersebut ke aparat penegak hukum Kejaksaan atau Kepolisian.

Sementara itu M. Arifin, Plt Camat Kandangserang mengungkapkan bahwa kendala yang dihadapi oleh kepala desa yaitu belum memahami ketentuan mengenai dana sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

“Untuk kendalanya kawan-kawan kepala desa belum memahami ketentuan mengenai dana itu sesuai dengan ketentuan mengenai dana itu sesuai dengan peraturan perundangan. Karena masing-masing mempunyai sumber pedoman sendiri-sendiri seperti Dana Desa yang setiap tahun terjadi perubahan,” ujar Arifin. (Sumber: Radar Pekalongan)

Terkait
BLT DD tak kunjung dicairkan, warga Glandang geruduk balaidesa

Pemalang, Wartadesa. - Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa tahap III tak kunjung dicairkan, warga Desa Glandang, Kecamatan Read more

Banding ditolak, mantan Kades Sidorejo dijatuhi hukuman 18 bulan

Semarang, Wartadesa. - Upaya banding yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Muhammad Jamal ditolak oleh Read more

BPD Desa Babalanlor Bojong dimosi tidak percaya oleh warga

Bojong, Wartadesa. - Puluhan warga yang menamanakan dirinya Aliansi Masyarakat Babalanlor Bergerak mengeluarkan mosi tidak percaya kepada BPD desa setempat Read more

Warga Pacar demo dugaan kasus korupsi Dana Desa

Tirto, Wartadesa. - Balai Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan digeruduk ratusan warga. Warga yang menatasnamakan Gerakan Warga Dan Pemuda Read more

Tags : Dana Desa